Kamis, 04 April 2013

Manfaat Propolis


Apakah Propolis Itu?

Asal Propolis
Propolis merupakan salah satu jenis produk kesehatan herbal karena mengandung bahan-bahan alami. Karena produk berasal dari bahan-bahan alami, Propolis merupakan obat herbal yang sangat aman dikonsumsi, baik itu untuk penyembuhan maupun untuk pemeliharaan kesehatan (bagi orang sehat). Orang-orang biasanya juga menyebut propolis dengan Melia Propolis karena produk ini diproduksi oleh sebuah PT. Melia Sehat Sejahtera. Melia Propolis sudah banyak beredar dan dijual di berbagai wilayah, baik itu secara online maupun di beberapa toko atau tempat lainnya. Melia Propolis mengandung bahan-bahan alami yang dapat menyembuhkan berbagai macam jenis penyakit. Bahan dasar pembuatan Propolis adalah air liur lebah dengan khasiat berganda untuk berbagai jenis penyakit. Produk ini berasal dari air liur lebah yang terbentuk saat lebah madu mengumpulkan berbagai getah dari berbagai jenis tanaman, kemudian getah tersebut dicampur oleh lebah dengan enzim. Enzim pada lebah dihasilkan oleh zat-zat yang terdapat pada mulut si lebah itu sendiri. Dengan proses pencampuran antara getah yang berasal dari berbagai macam jenis tanaman serta air liur lebah (yang mengandung enzim yang bermanfaat) didapatkanlah sebuah komposisi obat herbal yang sangat mujarab untuk berbagai jenis penyakit, yang tidak lain adalah Propolis ini. Berbagai manfaat propolis hingga saat ini dirasa oleh sebagian besar konsumen yang pernah mengkonsumsinya sebagai produk herbal yang aman dan berkhasiat.
Sedangkan bagi kelangsungan hidup si lebah itu sendiri, Propolis atau zat yang dihasilkan dari campuran getah dan air liur lebah ini diproduksi dengan tujuan untuk menjaga kekebalan sarang dan menghindarkan tubuh lebah dari berbagai jenis ancaman bakteri, virus, jamur dan berbagai polutan lainnya. Propolis yang biasa juga disebut sebagai senyawa kimia yang berasal dari lebah madu ini bersifat disinfektan atau anti kuman yang sangat ampuh untuk melindungi sarang lebah beserta semua komponen yang berada di dalamnya. Misalnya saja untuk perlindungan telur, bayi lebah, ratu lebah, maupun madu yang dihasilkan. Menurut berbagai penelitian di berbagai negara, Propolis bagi manusia sangat bermanfaat untuk memperbaiki serta menjaga kekebalan tubuh manusia. Berbagai jenis komponen yang terkandung dari Propolis ini terdiri dari 200 lebih zat yang menguntungkan. Hasil penelitian menyebutkan bahwa zat-zat yang terkandung dalam Propolis sangat beragam dan kompleks. Beberapa diantara kandungan Propolis adalah balsam atau fraksi polifenol sebanyak kurang lebih 50 %, getah sebesar 30 %, minyak esensial sebanyak 10 %, zat pollen berkisar lebih dari 5 %, serta berbagai zat organik maupun zat anorganik sebesar 5 %. Keistimewaan kandungan zat-zat yang terkandung di dalamnya sangat beragam, sehinggamanfaat propolis bagi kesehatan tidak diragukan lagi. Sebagai contohnya adalah kandungan 1 tetes zat antioksidan yang terdapat dalam Propolis sama besarnya dengan kandungan zat antioksidan yang terdapat dalam 500 butir jeruk.
Selain itu, Propolis juga mengandung berbagai zat ajaib dan berkhasiat besar bagi penyembuhan banyak penyakit, karena mengandung asam amino, bermacam-macam vitamin, serta bioflavonoids. Bioflavonoid situ sendiri merupakan sejenis pigmen tanaman yang dapat larut dalam air bersama dengan antioksidan, anti inflamasi, anti allergenic, antivirus serta anti property antikarsinogenik. Yang inti dari zat bioflavonoids ini adalah zat yang mampu mendukung hadirnya vitamin-vitamin dalam tubuh dan membantu dalam penyempurnaan vitamin itu sendiri.

Khasiat Propolis
Propolis atau Melia Propolis mempunyai banyak manfaat, selain senyawa kimia ini dihasilkan oleh lebah sebagai anti bakteri yang berguna untuk melindungi sarang lebah, Propolis juga sangat bermanfaat bagi dunia kesehatan secara umumnya. Propolis mempunyai khasiat yang sangat beragam bagi tubuh manusia dalam menjaga dan memelihara kesehatan maupun menyembuhkan berbagai jenis penyakit pada manusia. Diantara manfaat propolis adalah untuk penyembuhan hampir semua jenis penyakit seperti darah tinggi, kolesterol, jantung, diabetes, stroke, TBC, asma, bronchitis, kanker dan kanker payudara, migrain, tumor, hepatitis, anemia, leukimia, asam urat, flu, batu ginjal, katarak, maag, tifus, demam berdarah, ambeien, reumatik, sakit pinggang atau nyeri pinggang, kemandulan, prostat, penyakit kulit, osteoporosis, luka bakar, usus buntu, herpes, cacar air, kista, jerawat, eksim, sinusitis serta radang tenggorokan.
Berbagai manfaat propolis secara umum untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit merupakan suatu hal yang sangat menakjubkan. Dalam satu kandungan produk herbal yang berasal dari air liur lebah ini mampu memberikan dampak positif bagi kelangsungan hidup manusia. Khasiat yang terkandung di dalamnya juga sangat kompleks sehingga zat-zat yang dibutuhkan oleh tubuh sudah terpenuhi dalam senyawa kimia yang disebut Propolis ini. Sangat ampuh dan ajaib! 

0 komentar:

  © Blogger template 'Isolation' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP